12.6.12

Agama, Hati dan Ilahi dalam Buku Self Publishing


Lebih dari satu tahun, sejak Agustus 2010 s.d. sekarang (Mei 2012), blog Agama, Hati dan Ilahi telah menyapa hati anda via internet. Sekarang alhamdulillah akhirnya tulisan-tulisan itu siap menjadi naskah yang naik print on demand (Pod) atau siap cetak menjadi buku sesuai pesanan, sekalipun hanya satu eksemplar. Berkat sebuah layanan mizan.com untuk memberi kesempatan para penulis menerbitkan bukunya sendiri (Self Publishing), maka bagi siapa pun dipersilakan mengunjungi mizan.com yang di sana akan ditemukan buku Agama, Hati dan Ilahi: Sebuah Kajian Ilmu Tasawuf Atas Ayat-Ayat Allah (Jilid I).

Buku pertama (Jilid I) ini meliputi 6 (enam) bagian, yang dicetak dengan ketebalan ix + 286 hal dengan ukuran buku 13,5 cm x 20,5 cm. Pada bagian I, pengetahuan hati yang diajarkan nilai-nilai kebenaran telah menumbuhkan gairah hati untuk menemukan yang hakiki (hakikat yang sesungguhnya). Tidak diajarkan tentang hal-hal yang superficial (bukan yang asli). Luasnya ilmu Allah dibentangkan melalui kajian yang mencakup tulisan-tulisan:
1. Agama, Hati dan Ilahi
2. Aku, Engkau dan Dia
3. Hubungan Anda dengan Kepekaan Jiwa
4. Asal Usul Manusia Suci
5. Sumber Inspirasi

Pada bagian II, sajian tulisan diakumulasi dalam satu kepastian akan Janji Allah terhadap kebahagiaan kaum mukmin yang telah meraih derajat takwa atau ma’rifat. Melalui perjuangan untuk tetap beristiqamah di Jalan Allah, maka kepastian untuk meraih kebahagiaan dirasakan secara langsung oleh hati yang suci karena kerinduan yang tak pernah putus terhadap keberadaan Allah Yang Maha Mulia yang bersemayam di hati. Artikel-artikel yang telah saya pilih pada bagian ini mencakup:
1. Aturan Allah Azza wa Jalla
2. Aspek Lahir dan Batin Manusia
3. Cinta Sejati
4. Mulia di Sisi Allah Azza wa Jalla
5. Berjumpa dengan Allah

Pada bagian III, pintu keberkahan bagi orang-orang yang takut kepada Allah diurai dalam artikel-artikel berikut:
1 Mulailah Penilaian Dari Diri
2 Cara Mendekati Allah Azza wa Jalla
3 Kualitas Pelatihan Solat
4 Allah Swt Pasti Menunjuki Anda
5 Amalan Andalan dalam Ketakwaan

Pada bagian IV, saya memberi judul Menjemput Kebijaksanaan Allah: Pilihan Orang Beriman Untuk Menjadi Seorang Hamba, menguraikan berbagai peluang kaum mukmin bergairah menjadi seorang hamba yang dimuliakan Allah Swt di sisi-Nya. Keluasan kasih sayang Allah terhadap orang-orang beriman yang sungguh-sungguh mendekati-Nya akan dibalas oleh Allah dengan pengetahuan yang sulit dijangkau oleh kecerdasan logika berpikir manusia yang tidak memiliki keyakinan kuat. Untuk bagian ini, saya mengelompokkan beberapa artikel terkait, di antaranya adalah:
1. Bersahaja Sebagai Hamba
2. Akal Cerdas Awas Bisikan Setan
3. Menuju Jalan Allah Swt
4. Ajakan Berjihad di Jalan Allah
5. Asmaul Husna: Keutamaan Dzikir Khofi

Pada bagian V, pemahaman mengenai ayat-ayat Allah Yang Maha Mulia dapat ditelusuri dengan perantaraan kemahabijaksanaan-Nya, sehingga membantu memudahkan mendapati petunjuk-Nya. Seluruh isi Al-Qur’an mengandung keberkahan dan Al-Hikmah. Adalah sebuah karunia dari Allah seseorang dapat menyibak rahasia yang dikandung Al-Qur’an. Sejalan dengan penjelasan tersebut, beberapa tulisan yang diangkat pada bagian ini mencakup:
1. Al-Qur’an Al-Karim Penuh Al-Hikmah
2. Al-Qur’an Penuh Berkah
3. Dua Ajal Manusia
4. Hidup Sesudah Matinya
5. Wali Allah

Terakhir, bagian VI, sebuah judul yang saya tetapkan sebagaimana saya dapati dari dalam hati adalah Mengungkap Makna Ayat-Ayat Allah Dari Dalam Hati menyajikan pemaknaan ayat-ayat Allah yang dicakup dalam tiga surat terpilih, yaitu:
1. Makna Surat Al-Fatihah
2. Makna Surat Al-‘Ashr
3. Makna Surat Al-Ikhlas

Akhirnya tidak dapat terelakkan bagi saya untuk melakukan editing di semua tulisan tanpa menghilangkan isi kandungannya. Perbaikan kata, kata-kata, kalimat serta lay out menyesuaikan dengan tampilan sebuah buku.

Keputusan untuk menerbitkan ke dalam buku konvensional, menurut kata hati, dimaksudkan agar lebih mudah dibaca sambil menikmati secangkir kopi di saat pagi yang sejuk dan di sore hari selesai melepas lelah dari kesibukan bekerja. Allah Yang Maha Bijaksana telah mengizinkan untuk penulis menuai kerja keras dengan pendapatan (royalti) dari Penerbit Mizan. Satu buah buku dijual sebesar Rp 99.000 plus ongkos kirim.

Setelah ini, insya Allah, saya akan mempersiapkan untuk buku yang sama (Agama, Hati dan Ilahi: Sebuah Kajian Ilmu Tasawuf Atas Ayat-Ayat Allah ) Jilid II. Beberapa artikel yang tersisa akan dikelompokkan ke dalam bagian-bagian disesuaikan dengan tulisan yang tematik. Juga, insya Allah, saat ini saya sedang mempersiapkan naskah-naskah buku lainnya yang di-print on demand-kan melalui kerja sama dengan mizan.com. Mudah-mudahan Allah Yang Maha Pencipta meridoinya. Amin.

Silakan dibaca Artikel Terkait di bawah ini

No comments:

Post a Comment

Artikel Populer 7 Hari Terakhir